FIELD TRIP TO BALONGAN REFINERY UNIT

Mata kuliah Pengantar Teknik Lingkungan dan Perubahan Iklim (PTLPI) merupakan salah satu mata kuliah khusus bagi Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan yang dirancang untuk mengenalkan tentang garis besar program studi dan memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Pertaminayang memuat keilmuan teknik lingkungan, keprofesian sarjana teknik lingkungan, dan isu-isu lingkungan terkini. Teknik Lingkungan sebagai program studi yang bernaung di bawah Fakultas Perencanaan Infrastruktur berupaya untuk mengembangkan potensi mahasiswa tidak hanya memahami secara teori melainkan langsung ke lapangan. Maka dari itu, kunjungan ke perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi industri, khususnya industri pengolahan minyak bumi dan gas adalah penting bagi mahasiswa karena akan meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka tentang dunia industri yang kelak akan dihadapi seusai menyelesaikan studi di perguruan tinggi.Oleh karena itu Program Studi Teknik Lingkungan melaksanakankunjungan lapangan kePT Pertamina Refinery Unit VI Balonganpada tanggal 27 N0vember 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Memperkenalkan dunia industri pengolahan migas secara nyata kepada mahasiswa
  2. Mengetahui prosedur dalam HSSE (Health, Safety, Security, and EnvironmentPertamina Refinery Unit VI Balongan
  3. Memahami dan membandingkan secara langsung realitas kerja yang ada di lapangan dengan teori yang didapatkan di universitas
  4. Menjalin hubungan kerja antara perusahaan dengan civitas academica

Sedangkan agenda kegiatan ini meliputi:

  1. Presentasi dari Bapak Agung Darmawan selaku Section Head of Environmental Section. Pemaparan tentang pencapaian PROPER Refinery Unit VI Balongan beberapa tahun sebelumnya.
  2. Kunjungan ke komplekRefinery UnitVI Balongan.
  3. Kunjungan ke Mangrove Karangsong, yang merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat Refinery UnitVI Balongan.

Diharapkan dari kuliah lapangan ini, mahasiswa dapat mengetahui peranan sarjana Teknik Lingkungan secara nyata dalam industri minyak bumi dan gas.