Mengenal Program Studi Teknik Lingkungan

Gambar 1. Kuliah Tamu Bersama Bapak Sigid Pudyoko

 

ev.universitaspertamina.ac.id – Mahasiswa baru angkatan 2017 Program Studi Teknik Lingkungan telah memasuki bulan kedua dalam perkuliahan semester 1. Pertanyaan ‘Apa sih lingkup kerja sarjana Teknik Lingkungan?’ sering terbesit dalam benak para mahasiswa. Mata kuliah Pengantar Teknik Lingkungan dan Perubahan Iklim pun menjadi salah satu mata kuliah yang akan menjawab pertanyaan tersebut dan menggambarkan secara garis besar apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa Teknik Lingkungan.

 

Tak hanya itu, agar mahasiswa lebih memahami tentang Program Studi Teknik Lingkungan, maka diadakan kuliah tamu dengan tema ‘Peranan Sarjana Teknik Lingkungan dalam Dunia Kerja Beserta Peluang Keprofesiannya’.

Kegiatan kuliah tamu ini merupakan salah satu bentuk terstruktur dari mata kuliah Pengantar Teknik Lingkungan dan Perubahan Iklim dan yang  dilaksanakan di Universitas Pertamina pada 20 Oktober 2017 dengan pembicara Bapak Sigit Pudyoko, Senior Analyst Fire and Emergency Response, HSSE, Direktorat Pemasaran, PT. Pertamina Persero.

 

Beliau memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai Program Studi Teknik Lingkungan, peranan sarjana Teknik Lingkungan dalam dunia kerja, lingkup kerja sarjana Teknik Lingkungan, serta peluang keprofesiannya di masa yang akan datang. Selain itu, beliau juga mengajarkan nilai-nilai kehidupan seperti pantang menyerah. Beliau menceritakan bahwa setelah lulus kuliah, beliau tidak langsung bekerja sesuai bidangnya. Beliau mengajarkan agar mahasiswa tidak cepat mengeluh dan harus memerbanyak tetap bersyukur. Dengan adanya kegiatan kuliah tamu ini, diharapkan dapat membuka pandangan kepada mahasiswa baru angkatan 2017 mengenai Program Studi Teknik Lingkungan.

Gambar 2. Foto Bersama Ketua Program Studi Teknik Lingkungan, Dr. Eng Ari Rahman, S.T., M. Eng (kiri) dengan Bapak Sigid Pudyoko (kanan)

 

(Tim Jurnalis TL/Wiwi, Iqbal, & Namira)