Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Universitas Pertamina mempelajari tentang rekayasa pengendalian dan pengelolaan lingkungan dalam rangka menunjang pembangunan berkelanjutan, inklusif untuk menunjang kegiatan industri energi.

Menunjang kegiatan industri energi mengacu kepada visi Universitas Pertamina sebagai Universitas yang berorientasi pada energi dan secara spesifik menunjang kegiatan PT. Pertamina Persero sebagai industri energi. Peranan Teknik Lingkungan disini adalah bagaimana rekayasa lingkungan diaplikasikan agar industri energi mempunyai low emission/pollution level sehingga mampu mengurangi beban pencemar terhadap lingkungan.

Keunggulan dari Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

a) Kurikulum telah didesain berdasarkan KKNI dengan kualifikasi level 6 dalam rumpun pendidikan akademis dan mengacu pada akreditasi internasional ABET. Kurikulum juga didesain dengan memberikan ciri khusus teknik lingkungan dalam bidang rekayasa pengendalian dan pengelolaan lingkungan khususnya untuk menunjang kegiatan industri energi.

 

b) Program Studi Teknik Lingkungan diharapkan dapat membentuk profil lulusan yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Mampu merancang rekayasa pengelolaan lingkungan untuk menghasilkan solusi terhadap masalah sanitasi lingkungan dan pengendalian pencemaran.
  2. Mampu melakukan pengelolaan kualitas lingkungan melalui sistem manajemen lingkungan, termasuk keselamatan dan kesehatan kerja dan kegiatan industri energi.
  3. Profesional yang mampu berpikir kritis dan mencapai tujuan profesionalnya secara etis.

c) Bekal kemampuan dan pengetahuan khusus mengenai Energi dan Lingkungan, Energi Berbasis Limbah, Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi sebagai dasar pengenalan pembentukan berbagai macam sumber energi, pengembangan energi mulai dari ekplorasi, eksploitasi hingga bisnis energi dan energi berbasis lingkungan.

 

d) Kurikulum dilengkapi dengan mata kuliah yang dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, berpikir kreatif, dan berpikir untuk masalah yang kompleks (complex problem solving) sebagai bekal dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

 

e) Sistem pembelajaran berbasis student-centered learning dan project-integrated learning yang mengintegrasikan pembelajaran akademik di kelas dengan keterlibatan mahasiswa pada dunia praktis melalui kerja praktik/magang. Selain itu mata kuliah Proyek Terinterasi Berbasis Lingkungan (Capstone Design) diberikan untuk mengasah kemampuan/peranan mahasiswa teknik lingkungan dalam merumuskan dan memecahkan suatu permasalahan dalam bidang engineering design.

 

f) Kedekatan dengan industri, Ketersediaan fasilitas milik PT. Pertamina untuk digunakan mahasiswa dalam mengeksplorasi kegiatan pembelajaran maupun untuk kepentingan riset, serta pengembangan ilmu dari dosen tamu/bantuan pengajaran dari praktisi PT Pertamina yang akan membantu mahasiswa untuk memahami kondisi nyata di industri.

  1. Rekayasa Pengolahan Air dan Limbah Cair
  2. Pengelolaan Limbah Padat dan Pencemaran Udara
  3. Pengendalian Risiko Industri (Health and Safety Environment)

Program Studi Teknik Lingkungan memiliki berbagai macam aktivitas terkait pencapaian tridharma perguruan tinggi meliputi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu Program Studi Teknik Lingkungan juga aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, baik itu yang terprogram melalui Direktorat Kemahasiswaan seperti Light-UP, Lead-UP, Pop-UP, dsb, maupun aktivitas-aktivitas yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) seperti UpStract, Sebar Ilmu, LKMM, Sustaination, dan kegiatan-kegiatan pengembangan diri lainnya, meliputi pengembangan bakat, karir, organisasi, dan bidang keilmuan.

Kegiatan praktikum dilakukan untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Adapun kegiatan praktikum yang dilaksanakan di Program Studi Teknik Lingkungan adalah:

  1. Fisika Dasar 1
  2. Kimia Dasar 1
  3. Fisika Dasar 2
  4. Kimia Dasar 2
  5. Bahasa Inggris
  6. Mikrobiologi Lingkungan
  7. Mekanika Fluida 1
  8. Mekanika Fluida 2
  9. Laboratorium Lingkungan

 

Kegiatan kuliah lapangan dilaksanakan tiap semester 1 kali untuk masing-masing angkatan. Kegiatan kuliah lapangan berkaitan dengan Mata Kuliah yang sedang dipelajari pada semester tersebut. Berikut ini daftar lokasi kuliah lapangan yang pernah dilaksanakan oleh Prodi Teknik Lingkungan.

  1. Sewerage Treatment Plant Lippo Kawarachi
  2. PT. Pertamina RU V Balongan
  3. Waduk Jatiluhur
  4. PT. PPLI
  5. TPA Bantar Gebang
  6. PT. Krakatau Tirta Industri
  7. Kawasan Industri MM2100

Beberapa prestasi mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan

  1. Tahun 2020 – Perwakilan Wilayah III Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  (KN  MIPA) Bidang Biologi tingkat Nasional atas nama Afdal Huda
  2. Tahun 2020 – Juara Pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Online Tingkat Nasional (LKTI-OTN) Environmental Responsibility Tahun 2020 atas nama : Intan Rahmalia (Teknik Lingkungan 2017), Namira Yostya O. (Teknik Lingkungan 2017), dan Fifik Samhun K. (Teknik Lingkungan 2018)
  3. Tahun 2020 – Juara Tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah Online Tingkat Nasional (LKTI-OTN) Environmental Responsibility Tahun 2020 atas nama Azmi Zakiatunnisa, Ghina Qolbiyatusy, dan Naomi Kusumawardhani P. P.
  4. Tahun 2020 – Juara Favorite Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas atas nama: Sri Dewi Handayani
  5. Tahun 2020 – Sepuluh Besar Lomba Desain Inovasi Bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Fokus kegiatan yang diprioritaskan untuk IPAL skala rumah tangga perkotaan dan Usaha Skala Kecil (USK) dengan ketua tim Intan Rahmalia.
  6. Tahun 2020 – Sepuluh Besar Lomba Desain Inovasi Bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Fokus kegiatan yang diprioritaskan untuk IPAL skala rumah tangga perkotaan dan Usaha Skala Kecil (USK) dengan ketua tim Rizal Muhammad Al Ghifari.
  7. Tahun 2019 – Juara Favorite Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas atas nama: Rizki Dika
  8. Tahun 2019 – Civil Cross University Competition in Futsal Category held by COARSE UI 2019
  9. Tahun 2019 – National Oil Rig Design Competition – STT Migas Balikpapan
  10. Tahun 2019 – Gizi Championship UPN Veteran Jakarta 2019
  11. Tahun 2018 – Juara 3 Civil Cross University Competition in Futsal Category held by COARSE UI 2018
  12. Tahun 2018 – Juara 2 Tunggal Putra Universitas Pertamina Badminton Open
  13. Tahun 2018 – Juara 1 Ganda Putri Universitas Pertamina Badminton Competition
  14. Tahun 2018 – Finalis Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas
  15. Tahun 2017 – Juara 2 Lomba Essay Kritis Tingkat Nasional ”Think Safety Competition 2017”
  16. Tahun 2017 – Juara 1 Liga Pingpong Diesnatalis 1 Universitas Pertamina
  17. Tahun 2017 – 10 besar terbaik ASEAN Data Science Explorers National Final
  18. Tahun 2017 – Juara harapan Civil Cross University Championship
  19. Tahun 2017 – Juara 2 Universiade Universitas Indonesia – Cabang Futsal
  20. Tahun 2017 – Juara 1 Lomba Menulis tema “Menyongsong RUU Migas demi Kemerdekaan Energi Nasional”
  21. Tahun 2017 – Juara 1 Academic Week Universitas Pertamina – Photo Story
  22. Tahun 2017 – Juara 4 Festival Panduan Angklung XV ITB
  23. Tahun 2017 – Semifinalis Energy Competition
  24. Tahun 2016 – Juara 3 Ganda Campuran Universiade Universitas Indonesia – Cabang Badminton Ganda Campuran

PROSPEK KERJA LULUSAN PRODI TEKNIK LINGKUNGAN

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diiringi dengan permasalahan lingkungan yang semakin kompleks. Dari permasalahan tersebut urgensi kebutuhan ahli lingkungan menjadi prioritas untuk mengatasi permasalahan lingkungan. Kebutuhan lapangan pekerjaan sarjana teknik lingkungan sangat luas, diantaranya:

INSTANSI PEMERINTAH

[Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Kementrian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dll]

  • Penyusun Regulasi dan Kebijakan
  • Perencana Program Daerah dan Nasional

 

INDUSTRI

[Konstruksi, Energi, Manufaktur, dll]

  • Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
  • Ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
  • Research & Development
  • HSE engineer
  • Ahli dalam bidang limbah padat, cair atau udara
  • Ahli lingkungan

 

BADAN RISET DAN UNIVERSITAS

[Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dll]

  • Peneliti
  • Ahli lingkungan
  • Dosen

 

KONSULTAN

[Perencanaan & Desain, AMDAL]

  • Project Team Leader
  • Ahli Teknik Penyediaan Air Minum
  • Ahli Teknik Pengolahan Air Limbah
  • Ahli Persampahan
  • Ahli AMDAL

 

UNITED NATION, ORGANIZATION, INTERNATIONAL ORGANIZATION DONOR, NON-GOVERNMENT ORGANIZATION

[World Bank, World Health Organization (WHO), United Nation Development Programme (UNDP), The United Nations Environment Programme (UNEP), United Satates Agency for International Development (USAID), World Wide Fund for Nature (WWF)]

  • Climate Change Specialist
  • Wastewater Specialist
  • Environmental Expert

Terdapat beberapa mekanisme beasiswa yang disediakan oleh Universitas Pertamina, diantaranya: Beasiswa Ekonomi, Beasiswa Prestasi, Beasiswa Unggulan Semester, Beasiswa Studi Berkelanjutan, Beasiswa Bantuan Belajar Ikatan Orangtua Mahasiswa, Beasiswa BAZMA-UP, Beasiswa Pertamina Sobat Bumi, Beasiswa Keringanan SPP terdampak COVID-19.

https://ev.universitaspertamina.ac.id/