Laboratorium Mikrobiologi Lingkungan

Kegiatan Praktikum Laboratorium Mikrobiologi Lingkungan

  • Modul 1. Teknik Isolasi dan Transfer Kultur
  • Modul 2. Pengamatan Mikroorganisme
  • Modul 3. Kurva Tumbuh
  • Modul 4. Mikrobiologi Tanah
  • Modul 5. Pengaruh Faktor Lingkungan Mikroorganisme
  • Modul 6. Mikrobiologi Air
  • Modul 7. Mikrobiologi Makanan
  • Modul 8. Amplifikasi DNA dengan Teknik PCR

Fasilitas Laboratorium

Nama Alat Gambar
Cawan Petri/Petri Dish

 

Cawan petri merupakan alat gelas yang berfungsi untuk menumbuhkan mikroorganisme seperti bakteri pada media agar. Terdiri dari dua bagian yaitu tutup dan cawan. Ukuran tutup lebih besar dari ukuran cawan. Cawan petri terbuat dari bahan gelas yang tahan panas.

Jarum Ose

 

Jarum Ose terbuat dari bahan logam yang digunakan untuk menginokulasi bakeri pada media. Terdiri dari dua jenis yaitu jarum ose lurus dan jarum ose bulat. Jarum dipasang pada holder yang tersedia. Bagian yang boleh dipegang hanya bagian holder.

 
Tabung Reaksi

 

Tabung reaksi adalah peralatan gelas yang digunakan untuk melakukan reaksi dalam jumlah sedikit. Selain itu tabung reaksi juga biasa digunakan untuk kultur bakteri pada media agar tegak dan miring. Tabung reaksi ini biasanya berdiameter 10 mm sampai 20 mm dengan panjang 75 mm sampai 200 mm.

 
Tabung Durham

 

Peralatan gelas yang dapat diletakkan di dalam tabung reaksi dan berfungsi sebagai perangkap gas, sehingga dapat diketahui reaksi dalam tabung menghasilkan gas.

 
Batang L

 

Peralatan gelas yang berfungsi untuk menyebarkan kultur mikroorganisme cair pada media agar cawan petri supaya kultur tersebar merata. Bagian bawah batang L digunakan untuk meratakan.

 
Gelas Kimia

 

Gelas Kimia adalah peralatan gelas yang digunakan untuk menampung, mencampurkan, ataupun memanaskan cairan atau larutan. Gelas kimia memiliki berbagai ukuran yang ditulis di bagian luar gelas kimia. Gelas kimia ini terbuat dari bahan gelas yang kuat dan tahan panas.

 
Labu Erlenmeyer

 

Labu Erlenmeyer adalah peralatan gelas yang biasanya digunakan untuk pembuatan media agar dan penyimpanan kultur bakteri pada media cair. Labu Erlenmeyer terbuat dari bahan gelas yang kuat dan tahan panas serta mempunyai bentuk yang khas yaitu berbentuk agak mengerucut ke atas.

 
Gelas ukur

 

Gelas ukur adalah peralatan gelas yang digunakan untuk mengukur volume cairan. Gelas ukur memiliki ukuran 5 ml sampai dengan 1000 ml.

 
Pipet Volum/Volumetric Pipette

 

Pipet volum adalah salah satu alat ukur kuantitatif dengan tingkat ketelitian tinggi, ditandai dengan bentuknya yang ramping pada penunjuk volum dan hanya mempunyai satu ukuran volum. Pipet volum ini digunakan untuk memindahkan cairan dengan volume tepat dari satu wadah ke wadah yang lain.

Pipet Tetes/Pasteur Pipette

 

Pipet tetes digunakan untuk memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah yang lain dalam jumlah kecil dan tetes demi tetes. 20 tetes biasanya setara dengan 1 mL

 
Pipet Ukur/Graduated Measuring

 

Pipet ukur adalah alat ukur yang digunakan untuk memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah yang lain dengan presisi tinggi (mempunyai graduasi ukuran). Pipet ukur yang terdapat di pasaran berukuran 1, 2, 5, 10, dan 25 mL.

 
Pompa Karet/Bulb Filler

 

Pompa karet/bulb filler digunakan untuk menyedot cairan/larutan dengan menggunakan pipet volum dan pipet ukur

 
Stir Bar

 

Stir bar adalah batang magnetik yang digunakan untuk mengaduk larutan secara cepat dan kontinu. Stir bar ini hanya dapat bekerja jika diletakkan di atas magnetic stirrer.

 
Pembakar Bunsen/Bunsen Burner dan Pembakar Spritus

 

Merupakan alat yang dapat memijarkan api untuk keperluan teknik aseptik. Pembakar bunsen menggunakan gas sebagai sumber bahan bakar sedangkan pembakar spritus menggunakan larutan spritus sebagai bahan bakar. Keduanya memiliki fungsi yang sama.

 
Botol Semprot

 

Botol Semprot menyimpan akuades untuk keperluan pengenceran atau pencucian.

 
Spot Plate

 

Spot Plate peralatan yang terbuat dari porselain atau plastik, berfungsi untuk melihat hasil perubahan reaksi.

 
Biological Safety Cabinet (BSC)

 

Biological Safety Cabinet (BSC) merupakan tempat bekerja secara aseptik yang dilengkapai dengan sirkulasi udara dan HEPA (High Efficiency Particulate Air) filter agar udara yang masuk dan keluar dari BSC merupakan udara yang steril.

 
Inkubator

 

Inkubator Alat yang digunakan untuk menyimpan kultur mikroorganisme pada suhu tertentu.

 
Anaerobik Jar

 

Anaerobik Jar adalah alat berpenutup kedap udara yang digunakan untuk menginkubasi mikroba anaerob. Inkubasi mikroorganisme anaerob dilakukan dengan meletakkan cawan petri di dalam naerobic jar.

 
Autoklaf

 

Autoklaf adalah alat yang berfungsi untuk sterilisasi menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi (1210C, 15 lbs) selama kurang lebih 15 menit.

Mesin PCR/ Thermal Cycler

 

Mesin PCR/ Thermal Cycler Alat yang digunakan untuk memperbanyak segmen DNA melalui eknik Polymerase Chain Reaction (PCR).

Colony Counter

 

Colony Counter adalah alat bantu yang digunakan untuk menghitung koloni bakteri pada media yang disimpan dalam cawan petri.