Tentang Program Studi

Secara konvensional, teknik lingkungan merupakan suatu bidang yang menerapkan matematika dan sains untuk memanfaatkan properti materi dan sumber energi dalam menghasilkan solusi terhadap masalah sanitasi lingkungan. Hal ini mencakup penyediaan air untuk publik yang layak minum, mencukupi dan menerus; pembuangan serta daur ulang limbah cair dan limbah padat; drainase area perkotaan dan pedesaan untuk sanitasi yang memadai; dan pengendalian polusi air, tanah, dan udara; serta dampak sosial dan lingkungan dari solusi-solusi yang dihasilkan tersebut. Selain karakteristik tersebut, Teknik Lingkungan Universitas Pertamina – sesuai visinya – juga berorientasi kepada rekayasa lingkungan untuk menunjang kegiatan industri energi.

Menjadi program studi kelas dunia dalam bidang Teknik Lingkungan khususnya untuk menunjang kegiatan industri energi paling lambat tahun 2035.

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dalam bidang teknik lingkungan.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang teknik lingkungan dalam rangka pengembangan peradaban dunia.
  3. Berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan dan dalam menunjang kegiatan industri energi melalui pemanfaatan hasil kajian akademik di bidang ilmu rekayasa dan pengelolaan lingkungan.
  4. Berpartisipasi dalam pemnangunan karakter yang berwawasan lingkungan melalui penciptaan budaya dan iklim akademik kampus daan penularannya kepada masyarakat luas.

Keunggulan dari Program Studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Pertamina adalah sebagai berikut:

  1. Desain Kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan mengacu pada akreditasi internasional Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET).
  2. Bekal kemampuan dan pengetahuan khusus mengenai Energi dan Lingkungan serta Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi sebagai dasar pengenalan pembentukan berbagai macam sumber energi, pengembangan energi mulai dari ekplorasi, eksploitasi hingga bisnis energi, energi baru dan tebarukan serta energi berbasis lingkungan.
  3. Sistem pembelajaran berbasis student-centered learning dan project-integrated learning yang mengintegrasikan pembelajaran akademik di kelas dengan keterlibatan mahasiswa pada dunia praktis melalui kerja praktik/magang. Mata kuliah Berpikir Kritis, Berpikir Solusi Kreatif, dan Projek Terintegrasi Berbasis Lingkungan diberikan untuk mengasah kemampuan/peranan mahasiswa teknik lingkungan dalam berkolaborasi dengan berbagai disiplin ilmu guna merumuskan dan memecahkan suatu permasalahan secara terintegrasi dan profesional.
  4. Ketersediaan fasilitas milik PT Pertamina untuk digunakan mahasiswa dalam mengeksplorasi kegiatan pembelajaran maupun untuk kepentingan riset, serta pengembangan ilmu dari dosen tamu/bantuan pengajaran dari praktisi PT Pertamina yang akan membantu mahasiswa untuk memahami kondisi nyata di industri.

Mata kuliah Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina meliputi:

  1. Tahun Pertama: Mahasiswa akan mempelajari pondasi ilmu dasar: Fisika dasar, Kimia dasar, Kalkulus, Pengantar teknik lingkungan dan perubahan iklim, serta Pengantar teknologi dan bisnis energi. Pada tahun pertama mahasiswa akan mempelajari juga Tata tulis karya ilmiah, Bahasa Inggris, Berpikir kritis, dan Berpikir solusi kreatif.
  2. Tahun Kedua: Mahasiswa akan mempelajari pondasi enginering yang berkaitan dengan bidang teknik lingkungan. Mata kuliah teknik lingkungan akan mulai diperkenalkan pada tahun kedua.
  3. Tahun ketiga: Mahasiswa akan mempelajari mata kuliah fundamental teknik lingkungan yang meliputi: pengelolaan dan pengolahan limbah, pencegahan pencemaran, sistem dan desain lingkungan, serta hukum dan kebijakan lingkungan.
  4. Tahun Keempat: Mahasiswa akan mempelajari dan mengimplementasikan pembelajaran ke dalam Projek terintagrasi berbasis lingkungan, Kerja praktik dan Tugas akhir. Pada tahun keempat ini mahasiswa dapat mengambil mata kuliah pilihan yang terkait dengan: Rekayasa pengolahan air dan limbah cair, Pengelolaan limbah padat dan pencemaran udara, serta Pengendalian risiko industri.
  5. Adapun mata kuliah Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina diantaranya: Energi dan lingkungan, Pengolahan limbah industri energi, Perencanaan sistem bangunan air limbah, Pengolahan limbah padat, Pengendalian pencemaran udara, Bioteknologi lingkungan, Teknik remediasi, Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL), Kebijakan dan hukum lingkungan, Kesehatan keselamatan kerja dan lindung lingkungan, dll.

Lulusan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina memiliki cakupan pekerjaan yang luas, antara lain:

  1. Instansi Pemerintah: Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, dll.
  2. Industri: Konstruksi, Energi, Manufaktur. Area pekerjaan meliputi: Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Ahli dalam bidang limbah padat, cair atau udara, dan Ahli Lingkungan Umum.
  3. Badan Riset dan Universitas: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Peneliti, Dosen, Tenaga Ahli Lingkungan.
  4. United Nations Organizations, International Organization Donor, and Non-Government organization.

Peminatan Program Studi
Program Studi Teknik Lingkungan memberikan pilihan kepada mahasiswa untuk memilih kelompok keahlian (peminatan program studi), diantaranya:

  1. Kelompok keahlian dalam bidang Rekayasa Air dan Limbah Cair. Pada kelompok keahlian ini mahasiswa diberikan pengetahuan terkait dengan pengendalian pencemaran laut, pemantauan kualitas air permukaan, dan pengolan limbah cair industri.
  2. Kelompok keahlian dalam bidang Pengelolaan Limbah Padat dan Pencemaran Udara. Pada kelompok keahlian ini mahasiswa diberikan pengetahuan mengenai teknologi daur ulang, energi berbasis limbah, pengolahan lumpur, perilaku dan analisis udara, serta pemantauan pencemaran udara.
  3. Kelompok keahlian dalam bidang Pengandalian Risiko Industri. Pada kelompok keahlian ini mahasiswa diberikan pengetahuan yang berhubungan dengan analisis risiko keselamatan dan kesehatan kerja, metode valuasi dampak lingkungan, dan produksi bersih.

Kegiatan yang Telah Dilaksanakan

Selama dua tahun pendirian, Program Studi Teknik Lingkungan telah melakukan berbagai macam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan tersebut terlaksana berkat adanya kerjasama yang baik antara Program Studi dengan pihak internal universitas maupun instansi-instansi diluar universitas baik pemerintah maupun swasta. Selain itu keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan memberikan khasanah akademik dan pembelajaran untuk masyarkat sekitar. Adapun dokumentasi kegiatan dapat dilihat pada Foto-Foto di website ini.