Kerjasama Teknik Lingkungan Universitas Pertamina

PT. Pertamina Persero

PT. Pertamina EP Cepu

Pemerintah Kota Tasikmalaya

Pertamina Corporate University

Toyohashi University of Technology

Kerjasama Dalam Negeri

 

Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina berusaha menjalin hubungan yang baik dengan berbagai institusi, baik dengan industri, pemerintahan, dan akademisi untuk perkembangan kualitas Program Studi. Bentuk kerjasama dapat berupa kuliah tamu, kunjungan lapangan, rapat kordinasi dan lainnya.

E.1.1 Kuliah Tamu dan Kunjungan Lapangan (PT. Pertamina Persero)

Pada tahun 2017 ini kerjasama dengan PT. Pertamina Persero ditindaklanjuti dengan pemberian Kuliah Tamu pada tanggal 20 Oktober 2017 oleh Bapak Sigit Pudyoko Senior Analyst Fire and Emergency Response, HSSE, Dit. Pemasaran, PT. Pertamina Persero dan Kunjungan Lapangan ke Pertamina Refinery Unit VI Balongan pada tanggal 27 November 2017 dan diterima dengan sangat baik oleh Bapak Rustam dari Coporate Secretary.

 

E.1.2 Review Rencana Pembelajaran Semester (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

Pada saat Pekan Nasional Perubahan Iklim yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Bulan Agustus 2017. Bapak Ari Rahman dari Prodi Teknik Lingkungan melakukan diskusi dengan Bapak Dida Migfar dari Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk review Rencana Pembelajaran Semester Mata kuliah Pengantar Teknik Lingkungan dan Perubahan Iklim. Banyak sekali masukan yang didapat dari diskusi tersebut khususnya untuk bahan pembelajaran dan perkembangan materi perkuliahan, khususnya terkait materi perubahan iklim.

 

E.1.3 Kunjungan ke UPT Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah (terdahulu bernama Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah) Provinsi DKI Jakarta

Pada hari Rabu, 29 Maret 2017 Prodi Teknik Lingkungan yang diwakili oleh Ibu Evi Siti Sofiyah dan Bapak Bob Adyari melakukan kunjungan ke Unit Pengelola Teknis Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah (UPT LLHD) (terdahulu bernama Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD). Kunjungan Prodi Teknik Lingkungan disambut oleh Ibu Diah Ratna Ambarwati (Ka UPT LLHD) dan Bapak Muhamad Amin (Kasubbag TU LLHD). Kegiatan kunjungan dilakukan untuk membahas kemungkinan kerjasama yang dapat dilakukan antara Prodi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina dan Unit Pengelola Teknis Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Gambar 33 Kegiatan kunjungan Prodi Teknik Lingkungan UP ke UPT LLHD Provinsi DKI Jakarta

E.1.4   Undangan Pengukuhan Badan Kejuruan Teknik Lingkungan, Persatuan Insinyur Indonesia (BKTL-PII)

Pada tanggal 31 Mei 2017 Prodi Teknik Lingkungan yang diwakili oleh Ketua Program Studi Teknik Lingkungan, Bapak Ari Rahman dan Dosen Teknik Lingkungan Bapak Bob Adyari bersama dua orang mahasiswa: Pavita Khansa dan Rahajeng Hasna Safira menghadiri undangan Pengukuhan Badan Kejuruan Teknik Lingkungan, Persatuan Insinyur Indonesia (BKTL-PII) “Mitra Pemerintah untuk Mewujudkan Target 100-0-100 dengan menyediakan Insinyur Profesional yang Berintegritas dan Berwawasan Lingkungan” yang dilaksanakan di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Acara dibuka oleh Menteri PUPR Bapak Basoeki Hadimoeljono kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan para pengurus BKTL-PII dan pelantikan Bapak Rama Boedi sebagai Ketua BKTL-PII untuk periode 2017~ 2020. Setelah kegiatan ini selesai, acara dilanjutkan dengan diskusi bersama seluruh perwakilan Dosen Teknik Lingkungan dari berbagai Universitas di Indonesia yang menghadiri acara tersebut.

 

Gambar 34 Sambutan Bapak Menteri PUPR pada pengukuhan badan kejuruan teknik lingkungan, persatuan insinyur indonesia (BKTL-PII) (kiri) dilanjutkan dengan acara diskusi bersama perwakilan Dosen Teknik Lingkungan dari berbagai Universitas di Indonesia (kanan)

E.1.5 Musyawarah Nasional Badan Kerjasama Teknik Lingkungan (BAKERMA TL)

Pada hari Jumat, 03 November 2017 Prodi Teknik Lingkungan yang diwakili oleh Ketua Program Studi Bapak Ari Rahman menghadiri Musyawarah Nasional Badan Kerjasama Perguruan Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Lingkungan (BAKERMA TL) di Institut Teknologi Bandung. Kegiatan ini diawali oleh presentasi dari para praktisi lulusan Teknik Lingkungan baik dari Industri maupun Pemerintahan yang menyajikan peran lulusan teknik lingkungan serta kriteria yang dibutuhkan oleh lulusan Teknik Lingkungan dalam menghadapai dunia kerja. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan Musyawarah Nasional, dan menetapkan Bapak Dr. Benno Rahardyan dari Institut Teknologi Bandung sebagai Ketua BAKERMA TL.

Gambar 35 Sesi presentasi oleh praktisi teknik lingkungan (kiri) dan foto bersama Ibu Dr. Tri Padmi, salah satu asesor dari BAN PT untuk akreditasi Teknik Lingkungan (kanan)

Kerjasama Luar Negeri

Dalam upaya pencapaian misi Universitas Pertamina “Be Global Leaders”, dimana lulusan universitas khususnya Program Studi Teknik Lingkungan diharapkan mampu menjadi pemimpin serta ahli di bidang lingkungan yang berwawasan luas dan global. Untuk itu, program studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina (EV-UP) sebagai wadah dan media pendidikan yang berkelas internasional berupaya secara signifikan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi tidak hanya di dalam negeri namun juga mencapai lingkup luar negeri.

Program studi EV-UP melakukan beberapa upaya penjajakan kerjasama di berbagai universitas luar negeri. Terhitung sejak awal Januari perwakilan program studi EV-UP yang diwakili oleh Dr. Eng. Mega Mutiara Sari (dosen) melakukan kunjungan dan diskusi seputar peluang kerjasama di tiga universitas, yaitu: University at Albany – State University of New York di Amerika Serikat; Toyohashi University of Technology; Tokyo Institute of Technology dan Kobe University yang berada di Jepang.

Diawali pada tanggal 27 September 2017 program studi EV-UP melakukan penjajakan kerjasama dengan University at Albany – State University of New York (University at Albany-SUNY) saat kunjungan perwakilan universitas partner (Harvey Charles, PhD) dilingkup pertukaran mahasiswa. Penjajakan kerjasama ini menghasilkan sebuah nota kesepahaman antara kedua universitas untuk melakukan double degree program studi EV-UP dan Atmospheric and Environmental Science, University at Albany-SUNY. Kerjasama ini akan dimulai tahun 2018 untuk mahasiswa (EV-UP) tingkat 3 dan menawarkan dua pilihan gelar kelulusan B.S in Atmospheric Science dan B.S in Environmental Science dari University at Albany-SUNY.

Penjajakan kerjasama selanjutnya dilakukan dengan Toyohashi University of Technology, Japan (TUT). Perwakilan EV-UP Dr. Eng. Mega Mutiara Sari melakukan kunjungan ke TUT pada tanggal 8 november 2017. Bentuk kerjasama antara EV-UP dan TUT adalah program pertukaran mahasiswa selama sebulan di TUT. Program ini dimulai pada bulan Juli 2018 untuk mahasiswa EV-UP minimal tingkat 2. Mahasiswa pertukaran EV-UP akan dapat melakukan laboratorium experience dibawah bimbingan Prof. Takanobu Inoue dan Prof. Hiroyuki Daimon dari Environmental Science Dept.-TUT.

Diskusi kerjasama internasional juga dilakukan juga untuk dua universitas di Jepang yaitu Tokyo University of Technology (TIT) dan Kobe University. Diskusi kerjasama dawali dengan pengenalan masing-masing program studi yang dilakukan oleh perwakilan universitas. Tokyo University of Technology dan EV-UP berencana untuk membuka program pertukaran mahasiswa jangka pendek. Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan jumlah mahasiswa internasional di kalangan EV-UP serta peningkatan kualitas mahasiswa EV-UP di tingkat internasional. Pra-diskusi dengan Kobe University berisi tentang rencana kerjasama di bidang biofuel antara EV-UP dengan Graduate School of Science yang diwakili oleh Prof. Akihiko Kondo dan Prof. Chiaki Ogino.

Gambar 36 Kunjungan Perwakilan Kerjasama University at Albany-SUNY (Harvey Charles, PhD) dan perwakilan prodi EV-UP (Dr. Eng. Mega Mutiara Sari)

 

Gambar 37 Kunjungan Perwakilan Kerjasama Toyohashi University of Technology (Prof. Takanobu Inoue) dan perwakilan prodi EV-UP (Dr. Eng. Mega Mutiara Sari)

Gambar 38 Kunjungan Perwakilan Kerjasama Tokyo University of Technology (Prof. Kikuo Kishimoto) dan perwakilan prodi EV-UP (Dr. Eng. Mega Mutiara Sari)

Gambar 39 Kunjungan Perwakilan Kerjasama Kobe University (Prof. Kondo & Prof. Ogino) dan perwakilan prodi EV-UP (Dr. Eng. Mega Mutiara Sari)