Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina dapat berdiri tegak turut serta guna memberikan kontribusi bagi mahasiswa, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendirian Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina merupakan salah satu upaya Universitas Pertamina untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam era modernisasi dan globalisasi yang semakin berkembang pesat.

Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina hadir memberikan solusi komprehensif terhadap tantangan lingkungan yang semakin tinggi dalam menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan, serta mencegah kerusakan seiring dengan berkembangnya aktivitas pemanfaatan dan eksploitasi sumber daya alam, baik dalam sektor domestik maupun industri. Isu – isu lingkungan yang muncul akibat eksploitasi dan pemanfaatan sumber daya alam tersebut antara lain: a) Kekurangan air bersih, b) Pencemaran lingkungan air, udara, dan tanah, c) Pengelolaan dan pengolahan limbah, hingga d) Pemanasan global dan perubahan iklim. Seorang lulusan/sarjana Teknik Lingkungan memiliki peranan penting untuk berkontribusi menangani berbagai isu lingkungan tersebut. Hal tersebut selaras dengan Visi dari Teknik Lingkungan sendiri yaitu “Menjadi Program Studi Kelas Dunia dalam Bidang Teknik Lingkungan khususnya untuk Menunjang Kegiatan Industri Energi Paling Lambat Tahun 2035”.

Dalam rangka mempersiapkan lulusan Teknik Lingkungan yang professional dan kompeten dalam bidangnya, pengajaran dan pendidikan Teknik Lingkungan dilakukan oleh dosen-dosen yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama baik dalam dan luar negeri serta memiliki pengalaman praktek dan jaringan yang luas dengan praktisi di dalam maupun di luar negeri. Metode pembelajaran dilakukan dengan pendekatan active learning berbasis Student Centered Learning yang bermakna mahasiswa sebagai objek pembelajar dan dosen menjadi fasilitator belajar, sehingga diharapkan metode pembelajaran dapat memberikan pemahaman dan pengalaman belajar bagi mahasiswa. Dukungan dari PT Pertamina (Persero) dalam bentuk kuliah tamu, diskusi interaktif, sharing bahan ajar, field trip, dan fasilitas lainnya turut menjadi faktor pendukung dalam menghasilkan lulusan yang sukses dan kompeten dalam bidang Teknik Lingkungan dan mampu diserap industri secara luas.

Kurikulum yang dikembangkan dan ditawarkan oleh Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina berdasarkan kepada standar nasional: Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan standar internasional: Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). Penyusunan kurikulum telah melibatkan proses review dengan berbagai praktisi dan akademisi di bidang Teknik Lingkungan. Mata kuliah yang ditawarkan juga telah disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dan mengikuti perkembangan isu-isu terkini di bidang Teknik Lingkungan serta didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

Kami berharap lulusan Teknik Lingkungan kelak dapat menjadi lulusan yang unggul dan berdaya saing, yang dapat membangun bangsa sebagai bentuk pemanfaatan hasil kajian akademik di bidang ilmu rekayasa dan pengelolaan lingkungan.

Akhir kata, kami berharap Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina akan terus maju dan memberikan kontribusi terbaik bagi semua pihak. Dukungan serta semangat ini tentunya akan menjadi modal yang paling berharga guna mengarungi perjalanan Teknik Lingkungan menggapai visi sebagai Program Studi Kelas Dunia dan turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, Negara Indonesia.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Ketua Program Studi Teknik Lingkungan

Dr.Eng. Ari Rahman, S.T., M.Eng.

NIP : 116043

NIDN : 0322088503